Your number one tutorial source

Your flash banner goes here

Sudah Food Grade-kah Kemasan Makanan Anda ?

in Articles, Business, Kemasan Makanan, Kuliner, Packaging Makanan by adminLeave a comment

Pada saat ini sudah banyak terdengar isu kemasan makanan yang berbahaya. Kemasan ini bahaya, itu bahaya, sampai ada orang yang pernah menyeletuk, apa sebaiknya kita pakai daun pisang saja? Tapi daun pisang pun tentu tidak bisa menjadi solusi, mengingat daun dari tanaman berbatang silidris berlapis ini mudah robek, jadi hanya dipakai sebagai pelapis dari kemasan makanan yang ada. Kemasan makanan yang umum kita gunakan untuk take-away makanan yaitu styrofoam, kertas nasi berwarna coklat, boks nasi, plastik bening dan kantong kresek.

Greenpack 1T-1609

Isu kemasan makanan menjadi semakin serius ketika didukung dengan penelitian ilmiah, sebagai contoh, material polistirena busa—nama generik dari material yang lazimnya disebut sebagai styrofoam. Styrofoam sendiri sebenarnya merupakan nama dari sebuah merek dagang.

Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), kemasan styrofoam boleh digunakan sebagai kemasan makanan, namun dengan beberapa syarat yaitu tidak digunakan untuk mengemas makanan secara langsung, harus diberi alas misalnya plastik atau daun pisang, dan yang paling penting tidak boleh digunakan untuk mewadahi makanan dengan kadar minyak tinggi dan dalam keadaan panas.

Selain styrofoam yang pernah diteliti BPOM, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) juga pernah meneliti kertas nasi berwarna coklat yang diketahui tidak aman dari aspek higienitasnya. Kertas nasi ini terbuat dari material kertas daur ulang yang mengandung risiko bakteri berbahaya, karena dicetak tanpa melalui proses sterilisasi. Per gram kertas nasi mengandung bakteri 1,5 juta koloni, artinya dalam selembar kertas nasi mengandung sekitar 150 juta bakteri.

Dan salah satu perusahaan kemasan makanan yang sudah peduli dengan lingkungan dan kesehatan. Greenpack adalah suatu perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur kemasan makanan. Packaging makanan yang biasa disapa dengan lunch box yang diproduksi oleh Greenpack terbuat dari material kertas berkualitas. Bahan baku kertas berasal dari kayu yang ditanam di area konsesi Hutan Tanaman Industri (HTI), bukan hutan alam. Oleh sebab itu, konsumen tidak perlu ragu dengan masalah konservasi lingkungan di hutan hujan tropis Indonesia. Material kertas lebih ramah lingkungan, karena mudah terdegradasi secara alamiah. Dan kemasan makanan  yang menjadi primadona adalah kemasan makanan 5 sekat

Greenpack 1C-1810

Selain itu, packaging makanan ini telah mengantongi sertifikasi FDA (Food and Drugs Administration). Food and Drug Administration (FDA) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat yang bertugas mengatur makanan, suplemen makanan, obat-obatan, produk biofarmasi, transfusi darah, peranti medis, peranti untuk terapi dengan radiasi, produk kedokteran hewan, dan kosmetik di Amerika Serikat. Food and Drug Administration (FDA) sendiri memiliki wewenang untuk mengatur berbagai produk untuk menjamin keamanan publik dan memastikan produk makanan, kedokteran, dan kosmetika yang dipasarkan kepada konsumen sesuai dengan janji yang diberikan produsen. Peraturan Pemerintah yang dibuat FDA dapat terdiri dari berbagai bentuk, termasuk dan tidak terbatas pada pelarangan, pengawasan peredaran, dan pemasaran yang terkendali. Penegakan peraturan pemerintah yang dikeluarkan FDA dilakukan oleh Consumer Safety Officers (perwira keselamatan konsumen) yang bertugas di bawah naungan Office of Regulatory Affairs (Kantor Urusan Peraturan).

Food and Drug Administration (FDA) juga mengatur bagaimana kemasan makanan ini layak untuk keselamatan konsumen. Selain aman bagi keselamatan konsumen tentunya kita juga perlu memperhatikan keselamatan lingkungan. Produk kemasan makanan atau packaging makanan yang ramah lingkungan biasanya terbuat dari bahan kertas. Bahan kertas ini juga membutuhkan praktik manajemen hutan yang sesuai dengan norma dan hukum yang berlaku agar dapat melindungi keanekaragaman hayati, spesies dan habitat satwa liar yang terancam kepunahan, Tingkat pemanenan kayu yang berkelanjutan, Perlindungan kualitas air Aktivitas regenerasi hutan (seperti penanaman kembali dan reforestasi), Sertifikasi dan audit dari pihak ketiga yang dilakukan oleh badan sertifikasi terakreditasi Keterlibatan pemangku kepentingan (stakeholder) usaha kehutanan yang lebih dari satu, Tersedianya mekanisme komplain dan pengajuan gugatan.

Greenpack 5C-2314

Bagi anda para pengusaha kuliner, pemilik restoran dan jenis usaha makanan lainnya, kami perkenalkan salah satu produk kemasan makanan terbaik, kemasan makanan murah, kemasan makanan yang aman, dapat di desain kemasan makanan sesuai dengan keinginan dan kemasan makanan yang ramah lingkungan yaitu Kemasan makanan greenpack, Kemasan makanan greenpack merupakan produk cetak kemasan makanan, packaging makanan, box makanan food grade, kemasan makanan kuah, packaging makanan anti bocor dengan kualitas terbaik dan bahan import dari luar negeri sehingga sangat aman, memenuhi standard Indonesia. Kemasan makanan food grade yang dibuat dari virgin pulp. Kemasan makanan eklusif dengan beragam keunggulan diantaranya menggunakan food grade paper, kemasan makanan anti panas dan kemasan makanan anti minyak, kemasan makanan yang dapat digunakan didalam microwave, kemasan makanan yang dapat dimasukan kedalam lemari es, kemasan makanan yang mudah dalam penggunaan, kemasan makanan yang dapat didaur ulang, kemasan makanan yang ramah lingkungan

Beralih Ke Kemasan Makanan Food Grade

in Business, Kemasan Makanan, Kuliner, Packaging Makanan by adminLeave a comment

Mungkin banyak pengusaha kuliner yang beranggapan bahwa kemasan tidak boleh diganti-ganti karena ini akan mempengaruhi nilai dan penjualan produk. Belum tentu, selama Anda tidak mengubah kapasitas kemasan dan tidak mengurangi kemudahan serta fungsi utama kemasan itu sendiri maka sah-sah saja.

Apa lagi jika desain packaging yang Anda buat lebih menarik dibandingkan packaging sebelumnya. Wah.. ini bisa jadi cara pemasaran yang efektif dan ampuh untuk meningkatkan penjualan produk milik Anda. Karena pada dasarnya konsumen menilai packaging terlebih dahulu sebelum mencoba produknya. Maka bila tampilan packaging yang Anda perbarui lebih membuat mereka terkesan pasti akan dibeli biarpun harganya mahal.

Meskipun begitu, tentu Anda masih perlu mencocokan dengan pasar yang menjadi target awal Anda. Jangan sampai konsumen yang sudah percaya dengan kualitas Anda malah hilang dan beralih ke produk dari brand lainnya karena perubahan kemasan tidak sesuai dengan keinginan mereka. Lalu bagaimana?

Nah, selain Anda harus mempertahankan fungsi kemasan dan juga kapasitasnya, Anda juga harus tetap mempertahankan keinginan pelanggan. Misalnya konsumen tentu akan merasa tidak puas jika setelah kemasan diubah harga juga jadi ikut naik. Maka solusinya adalah tetap buat kemasan dengan budget yang sama namun diperbagus saja kemasannya. Tetapi ini bukan berarti Anda tidak bisa menaikan harganya, boleh saja, tapi kami sarankan tidak terlalu mahal dari harga sebelumnya.

Setiap perubahan pasti ada sesuatu yang baru, jika Anda mengubah kemasan tentu saja Anda bisa meraih konsumen yang baru. Dengan begitu, pelanggan lama tetap setia, kini mulai muncul konsumen baru yang berhasil Anda dapatkan berkat mengubah kemasan lebih menarik. Apa lagi ditambah dengan harga yang bersaing akan menambah nilai plus untuk produk Anda. Keuntungan lainnya adalah Anda bisa meng-upgrade tampilan produk sehingga lebih mudah diingat oleh konsumen.

Kadang kala banyak produsen yang kurang yakin dengan hal ini karena kebanyakan pengusaha kuliner berfikir kemasan pertama lebih mudah diingat. Anda salah! Tidak kenal, maka tidak sayang! Untuk itu, diperlukan promosi untuk memperkenalkan kemasan baru Anda. Lakukan promosi yang akan dengan mudah diingat oleh konsumen. Dengan tampilan kemasan baru yang menarik ditambah promosi, produk Anda akan dengan mudah diingat kembali oleh konsumen.

Bagaimana Anda ingin mencobanya? Kesimpulannya adalah bila Anda sudah siap, artinya jika orderan produk Anda sudah cukup banyak dan ingin mengubah kemasan boleh saja. Malah sangat dianjurkan untuk meningkatkan target pasar Anda. Namun tetap pertahankan kapasitas kemasan, kenyamanan, dan ketahanan kemasan itu sendiri dan tak kalah penting adalah harganya. Jangan sampai dengan mengubah kemasan malah membawa bencana untuk kelancaran usaha Anda.

Bagi anda para pengusaha kuliner, pemilik restoran dan jenis usaha makanan lainnya, kami perkenalkan salah satu produk kemasan makanan terbaik, kemasan makanan murah, kemasan makanan yang aman, dapat di desain kemasan makanan sesuai dengan keinginan dan kemasan makanan yang ramah lingkungan yaitu Kemasan makanan greenpack, Kemasan makanan greenpack merupakan produk cetak kemasan makanan, packaging makanan, box makanan food grade, kemasan makanan kuah, packaging makanan anti bocor dengan kualitas terbaik dan bahan import dari luar negeri sehingga sangat aman, memenuhi standard Indonesia. Kemasan makanan food grade yang dibuat dari virgin pulp. Kemasan makanan eklusif dengan beragam keunggulan diantaranya menggunakan food grade paper, kemasan makanan anti panas dan kemasan makanan anti minyak, kemasan makanan yang dapat digunakan didalam microwave, kemasan makanan yang dapat dimasukan kedalam lemari es, kemasan makanan yang mudah dalam penggunaan, kemasan makanan yang dapat didaur ulang, kemasan makanan yang ramah lingkungan.

4 Etika Kemasan Makanan

in Business, Kemasan Makanan, Kuliner, Packaging Makanan by adminLeave a comment

Masih hangat ditelinga kita kasus produk makanan yang dianggap menggunakan unsur pornografi pada kemasannya. Baru-baru ini ada kemasan makanan yang “nyeleneh” yang tidak sesuai dengan etika kemasan makanan. Pembuatan kemasan memang harus kreatif, namun bukan berarti bisa dilakukan seenaknya tanpa memikirkan apakah kemasan tersebut pantas digunakan atau tidak. Kini kita tahu ternyata kemasan tidak bisa dianggap remeh. Nah, untuk itu sebelum membuat kemasan makanan ada baiknya ketahui lah apa saja etika kemasan makanan atau peraturan dalam membuat packaging makanan. Apa saja yang perlu diperhatikan dalam sebuah kemasan? Yuk kita bahas.

Greenpack 5C-2314

  • Sesuai dengan psikologi konsumen yang dijadikan target pasar

Sebuah kemasan biasanya disesuaikan dengan target pasar yang dituju. Jika itu untuk anak-anak penambahan gambar kartun atau tokoh pahlawan pada desain kemasannya adalah cara yang tepat. Selain itu, gunakan warna-warna terang agar kemasan makanan Anda lebih menonjol. Kenapa harus menggunakan warna yang terang? Karena ini sesuai dengan psikologi anak yang senang dengan warna-warna cerah. Jika target pasar yang ingin dituju adalah remaja, buatlah desain yang kreatif dan semoderen mungkin untuk menarik konsumen remaja. Namun, jangan kelewat batas, seperti menambahkan gambar yang membuat konsumen merasa tidak nyaman setelah melihat kemasan makanan Anda.

  • Kemasan makanan sesuaikan dengan tujuan pemasaran

Sesuaikan desain kemasan makanan dengan jenis makanan yang ditawarkan, guna untuk memberikan sedikit gambaran kepada konsumen tentang produk milik Anda. Kami beri contoh misalkan kemasan mie. Pasti Anda sering lihat bukan? Desain kemasan bergambar sajian mie, lengkap dengan toping dan garnis yang menggugah selera konsumen. Nah, inilah yang dimaksud dengan etika kemasan sesuai dengan tujuan pemasaran produk. Buatlah desain packaging makanan yang mencerminkan produk Anda.

Greenpack 1C-1111

  • Buat kemasan yang bisa memudahkan konsumen

Fungsi box makanan adalah untuk menjaga produk di dalamnya namun penting untuk memperhatikan kepraktisan box makanan. Ini berguna untuk memudahkan pembeli saat mengkonsumsi produk yang ada jual. Box makanan yang praktis dapat meningkatkan penjualan produk Anda.

  • Penggunaan bahan kemasan yang sesuai dengan produk

Ketahanan produk dapat ditentukan dari penggunaan bahan kemasan yang digunakan. Misalnya produk yang ingin Anda jual adalah bubuk atau biji kopi, tentu kemasannya berbeda dengan produk lainnya. Jika Anda menggunakan pembungkus plastik biasa pasti biji atau bubuk kopi tidak akan tahan lama, namun jika Anda menggunakan kantong alumunium dengan pengikat (tin lie)di atasnya maka produk kopi milik Anda akan lebih tahan lama.

Bagi anda para pengusaha kuliner, pemilik restoran dan jenis usaha makanan lainnya, kami perkenalkan salah satu produk kemasan makanan terbaik, kemasan makanan murah, kemasan makanan yang aman, dapat di desain kemasan makanan sesuai dengan keinginan dan kemasan makanan yang ramah lingkungan yaitu Kemasan makanan greenpack, Kemasan makanan greenpack merupakan produk cetak kemasan makanan, packaging makanan, box makanan food grade, kemasan makanan kuah, packaging makanan anti bocor dengan kualitas terbaik dan bahan import dari luar negeri sehingga sangat aman, memenuhi standard Indonesia. Kemasan makanan food grade yang dibuat dari virgin pulp. Kemasan makanan eklusif dengan beragam keunggulan diantaranya menggunakan food grade paper, kemasan makanan anti panas dan kemasan makanan anti minyak, kemasan makanan yang dapat digunakan didalam microwave, kemasan makanan yang dapat dimasukan kedalam lemari es, kemasan makanan yang mudah dalam penggunaan, kemasan makanan yang dapat didaur ulang, kemasan makanan yang ramah lingkungan.

Page 1 of 212